Mengenal Apa itu Aquascape? Aksesoris dan Cara Membuatnya
4 mins read

Mengenal Apa itu Aquascape? Aksesoris dan Cara Membuatnya

Apa itu Aquascape?

Aquascape adalah seni menghias tanaman di dalam air yang dipadukan dengan penempatan objek seperti batu, kayu, dalam wadah akuarium ataupun akrilik yang menggunakan ekosistem air tawar.


Aquascape sendiri juga dapat disebut sebagai ilmu penataan akuarium yang dapat mendatangkan nilai tambah serta kepuasan batin yang tinggi, seperti halnya yang dijelaskan di dalam buku Pesona Aquascape. Terkadang, ada hewan peliharaan ikan kecil (namun banyak juga yang tidak memasukan peliharaannya). Aquascape ini bertujuan untuk membuat ekosistem air tawar dengan detail seperti ekosistem habitat aslinya.

Sejarah Aquascape

Sebenarnya aquascape ini sudah ada dari zaman masa kuno, hanya saat itu media aquascape ini biasanya memakai wadah seperti mangkuk yang terbuat dari tanah liat atau batu. Lalu di tahun 1369, seorang kaisar China membuat tempat dari bahan porselen yang berbentuk mangkuk dengan diisi ikan Mas.

Masuk di era pertengahan sekitar tahun 1836 seorang ahli botani Dr. Nathaniel Bagshaw menciptakan inovasi sebuah wadah kotak dengan isi hewan air dan tumbuhan tropis yang diberi nama Wardian Case/Kotak wardian pada saat itu menjadi populer dan sangat efektif mudah dibawa kemana-mana yang menjadi suatu inovasi awal sejarah aquascape.

Sejarah berikutnya di era modern sekitar tahun 1837 di masa era Victoria, aquarium mempunyai gaya khas berbentuk kotak dengan satu sisi yang terbuat dari kaca dengan dinding terbuat dari kayu bermaterial kedap air dan di bawahnya dibuat terasa hangat.

Seiring perkembangan zaman, dimana diperkenalkan design dengan bahan pada semua dinding dan dasarnya terbuat dari bahan kaca dan bagian rangka terbuat dari logam.

Aquascape masuk ke Indonesia pada tahun 1993 yang awal mula diperkenalkan Pak Benny, lalu mulai menyebar di berbagai kalangan wilayah Indonesia dan berkembang menjadi sebuah komunitas hobi yang memanfaatkan keindahan dan kombinasi air dan terkadang menjadi ajang kompetisi baik itu nasional atau international.

Apa Manfaat Aquascape?

Aquascape sangat bermanfaat terutama untuk kesehatan mental yang dimana dapat memberikan rasa rileks pada jiwa kita, kelebihan lainnya yaitu :

  1. Sebagai interior rumah menjadi lebih segar
  2. Menjadi sarana penenang pikiran dan media terapi
  3. Melatih dan mengembangkan kreativitas diri

Cara Membuat Aquascape

Jadi, urutan apa saja yang harus dipersiapkan membuat aquascape?

Beberapa peralatan dasar yang kamu butuhkan untuk membuat aquascape diantaranya:

  • Akuarium
  • Pupuk dasar
  • Pasir Malang
  • Bebatuan
  • Tanaman/Lumut
  • Lem Korea
  • Pompa saringan dan filter
  • Lampu

Langkah-langkah membuat Aquascape :

  1. Pertama-tama gunakan aquarium yang tersedia, tak usah khawatir jika ada aquarium bekas yang masih bisa berguna bisa dipakai ya lalu masukan dan ratakan pasir secara merata di area akuarium .
  2. Persiapkan filter lilit dengan spons tipis lalu eratkan dengan karet, simpan di bagian ujung sudut yang tepat dan pastikan lubang pembuangan air terletak pada posisi diatas.
  3. Tata dan rapikan batu-batu ke dalam aquarium dan usahakan filter tersembunyi dari penglihatan sudut pandang depan (simpan di belakang bebatuan).
  4. Sebelum menancapkan tanaman ke dalam aquarium, isi air sekitar 10% berguna untuk mempermudah penancapan tanaman dan atur kembali tanah-tanah yang tidak rapi.
  5. Tata tanaman daun-daun dibelakang atau di samping sekitar batu yang akan di beri pupuk.
  6. Aplikasikan tanaman java moss adapun yang harus ditempelkan lem korea pada bagian permukaan batu / kayu  dengan cara ditempelkan secara merata agar aquascape terlihat lebih segar dan indah.
  7. Lalu tambahkan air secukupnya tunggu hingga 3-4 jam
  8. Setelah itu masukan ikan hias kecil yang kamu suka, agar mempercantik aquascape bisa gunakan lampu LED untuk merangsang fotosintesis tanaman-tanaman di dalam air.

Rekomendasi Jenis Tanaman Aquascape

1. Java Moss

Tanaman ini sangat cocok untuk meratakan dan menciptakan efek hijau seperti halnya dalam hutan yang alami dengan sifatnya yang keras, warna hijau yang mencolok dengan pemeliharaan yang mudah menjadikan tanaman favorit para pecinta aquascaper. Lumut ini akan tumbuh sekitar 5 hingga 8 jam dan sangat cocok dalam keadaan kondisi yang lembab.

2. Pakis Lidah

Sangat sering ditemukan di dalam kolam-kolam air yang dangkal dengan panjang sekitar 20cm hingga 30cm. Tanaman ini tumbuh dari sebuah batang yang sering kita sebut rimpang. Pakis lidah cocok untuk menghiasi aquascape anda dan hanya membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhannya. Tanaman ini dapat menyerap nutrisi dari daun air melalui daun dan akar.

Kesimpulan: Semakin majunya zaman dan teknologi, aquascape ini menjadikan hobi yang sangat cocok untuk kalangan siapapun karena mempunyai manfaat yang baik terutama untuk menenangkan pikiran dan banyak sekali jenis-jenis yang menjadi inspirasi seni bercocok tanam

#beritaterkini#beritaviral#judionline#judislot#promojudi#slotgacor#slotonline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *