3 mins read

Pesan Terakhir Kosmonaut yang Jatuh dari Luar Angkasa, Vladimir Komarov

Jakarta –

Pada 1967, Uni Soviet merayakan 50 tahun. Dengan semarak, berbagai acara dilakukan di daratan hingga ke ruang angkasa. Sayangnya, hal ini memakan jiwa dari seorang kosmonaut bernama Vladimir Komarov yang hingga kini dikenal dengan sebutan ‘the man who fell from space’. bandarcerutu4d.com

Rencananya, dua pesawat ruang angkasa akan diluncurkan ke orbit. Soyuz 1, yang mengangkut Komarov, akan pertama meluncur. Selang sehari, akan datang Soyuz 2. Kedua pesawat tersebut akan bertemu dan Komarov akan melakukan spacewalk, keluar dari kendaraannya dan berpindah ke Soyuz 2. Salah satu dari dua kosmonot di Soyuz 2 kemudian akan memasuki Soyuz 1 sebelum kedua pesawat itu kembali ke Bumi.

Melansir IFL Science, sayangnya ada klaim (yang meski banyak dibantah) yang mengatakan bahwa dua bulan sebelum peluncuran sudah ada peringatan misi tersebut tidak akan berjalan lancar. Menurut buku ‘Starman: The Truth Behind the Legend of Yuri Gagarin’, ketika Yuri Gagarin dan teknisi senior lainnya memeriksa pesawat tersebut, mereka menemukan 203 masalah struktural, beberapa di antaranya akan membuatnya berbahaya jika pesawat tersebut tetap dikirim ke luar angkasa.



Katanya lagi, sebuah memo setebal 10 halaman dilaporkan dibuat untuk mencantumkan kesalahan yang ada di pesawat tersebut. Memo itu kemudian disampaikan kepada pemimpin Leonid Brezhnev.

Menurut penulis Starman, teman-teman Komarov meyakinkan dia untuk tidak terbang dengan kendaraan tersebut. Akan tetapi, Komarov tahu bahwa dia keluar dari misi tersebut, maka Gagarin akan ditugaskan. Komarov pun menerima misi itu meski tahu nyawa taruhannya. Komarov pun dilaporkan meminta jika ada yang tidak beres, dia mau pemakaman dengan peti mati terbuka.
Baca juga:
Ini Orang yang Paling Lama di Luar Angkasa, Pecahkan Rekor!

Pada hari peluncuran, Komarov berhasil mencapai luar angkasa di dalam pesawat. Namun, sesampainya di sana, keadaan menjadi tidak beres ketika salah satu panel surya gagal dibuka sehingga pesawatnya hanya memiliki sedikit daya.
bandarcerutu4d.com
Badan antariksa memerintahkan dia turun, tetapi kapsulnya mulai berputar. Dia tidak punya cara untuk mengontrol ketinggiannya dan tidak bisa membuat bagian bawah pesawat ruang angkasa menghadap ke tanah, yang berarti roket pendarat tidak bisa meredam pendaratan. Sebaliknya, dia terjatuh lurus ke bawah dan menghantam tanah dengan kekuatan meteorit seberat 2,8 ton.

Menurut Starman, kata-kata terakhir Komarov ditangkap oleh pos-pos radio AS di Turki. “Kapal setan ini! Tidak ada yang bisa saya gunakan dengan baik,” teriaknya. Komarov juga mengeluarkan teriakan kemarahan saat ia jatuh hingga tewas. bandarcerutu4d.com

Sementara itu, transkrip resmi Soviet melaporkan bahwa kata-kata terakhir Komarov adalah: “Saya merasa baik-baik saja, semuanya baik-baik saja”. Dia menambahkan “Terima kasih telah me-transmisi semua itu. (Pemisahan) terjadi”. Menurut versi kejadian ini, Komarov terjatuh hingga tewas saat pengawas darat berusaha membangun kembali kontak.

“Rubin, ini Zarya, bagaimana kamu mendengarku? Selesai,” bunyi transkripnya.
bandarcerutu4d.com
“Rubin, ini Zarya, bagaimana kamu mendengarku? Ganti. Ini Zarya, bagaimana kamu mendengarku? Ganti,” begitu katanya

Baca artikel detikinet, “Pesan Terakhir Kosmonaut yang Jatuh dari Luar Angkasa, Vladimir Komarov” selengkapnya https://inet.detik.com/science/d-7227865/pesan-terakhir-kosmonaut-yang-jatuh-dari-luar-angkasa-vladimir-komarov.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *